Sabtu, 07 Mei 2011

[NEWS] Melon’s Best-Selling Songs of the Decade (2000-2010)

Melon, salah satu portal musik utama di Korea Selatan, menyusun data mereka selama 10 tahun untuk mengungkap 100 lagu terbaik selama 1 dekade ini. Hal yang mengejutkan adalah keseimbangan yang sempurna antara idola, penyanyi ballad, grup vokal, pria, wanita, muda dan tua. Namun, dari tahun 2009 ada masuknya lagu yang menunjukkan pertumbuhan pasar digital pada tahun tersebut.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pada tahun 2000-an, industri musik Korea telah berganti dari jenis musik ballad yang sangat mendominasi sejak tahun 1980-an dengan grup idola yang fokus pada musik dance. Grup gadis seperti Wonder Girls, Kara, 2ne1 dan grup laki-laki seperti Big Bang and 2PM, semuanya menjadi pengaruh yang kuat di industri musik utama.
Membuat sesuatu yang berbeda di tengah-tengah tren grup idola dan grup gadis adalah penyanyi-penyanyi yang mempunyai “Bakat Murni”. Ikon perwakilan R&B Korea, Brown Eyes, berhasil ditempatkan sebagai sebuah kuda-hitam kedua di chart dengan lagu ‘Little by Little’. Ballad, rock dan jenis musik lainnya juga secara signifikan berada dalam industri musik Korea. Dalam 1 dekade terakhir ini telah tergambar sebuah garis yang berbeda antara musik “yang dilihat” dan musik “yang didengar”.
Namun, jenis yang paling menarik dalam 1 dekade ini adalah grup idola dan grup gadis yang lahir di pusat musik dance. Pengaruh mereka telah tumbuh sampai ke titik dimana kegiatan mereka dianggap berada di pusat budaya pop Korea Selatan. Kegiatan sibuk dari Girls’ Generation, Wonder Girls, Kara, Big Bang, Super Junior, 2PM, 2AM, SHINee dan grup idola lainnya telah menutup 1 dekade ini dengan kehadiran mereka yang sangat mendominasi.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ini adalah daftar 100 lagu terbaik dengan 5 lagu Big Bang dan juga lagu Gummy “I’m Sorry” yang dimana berkolaborasi dengan T.O.P:
#4 Last Farewell
#8 Haru Haru
#15 Lies
#41 Lollipop (with 2NE1)
#65 Heartbreaker (G-Dragon)

+) #80 Gummy’s I’m Sorry featuring T.O.P



- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Meskipun daftar ini sangat mudah untuk dipahami dan ini berasal dari sebuah sumber yang banyak kasih dan kepercayaan, tapi ini pun memiliki celah dan haru diperbaiki sedikit. Pertama, chart yang mereka lihat untuk peringkat lagu yang dirilis sebelum tahun 2005 menggunakan metode perhitungan yang berbeda dan ini tidak cocok dengan chart dari Melon. Saya menyarankan untuk tidak menggunakan chart ini ketika akan membuat perbandingan antara lagu yang dirilis sebelum tahun 2005 dan lagu yang dirilis setelah tahun 2005. Kedua, chart ini disusun menurut peringkat lagu yang dilihat dari seberapa banyak lagu ini di dengar dan di download dari halaman web Melon. Jadi penjualan dari sumber lain, seperti orang yang membeli CD asli dan bukan mendownloadnya dari Melon, atau orang yang membeli musik mereka dari website lain, tidaklah dihitung disini. Ini juga tidak dihitung untuk pengembangan teknologi dan perubahan hukum yang terjadi di sepanjang itu. Contohnya, orang menggunakan program P2P seperti Soribada untuk mendownload musik secara ilegal samapi tahun 2006 ketika pemerintah akhirnya menutup Soribada. Kami telah mengalami banyak kesempatan antara 2006-2010 juga, karena pasar musik digital menunjukkan pertumbuhan sedangkan penjualan CD terus menurun, yang berarti bahwa lagu-lagu baru memiliki keunggulan di sini. MEreka yang mempelajari ilmu ekonomi mungkin akan familiar dengan istilah inflasi dan chart ini sesuai untuk itu. Singkatnya, semakin tua sebuah lagu, maka semakin tinggi kemungkinan bahwa ini akan diremehkan atau ditempatkan secara tidak tepat di chart Melon.
Source: Melon | Credits: Oniontaker, Michaerlroni @ soshified + fortrollingkpop @ 6theory + allkpop
taken from: bigbang updates
eng - indo: shintia @ Bigbang Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar